BUDAYA LITERASI
SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGAN POLA BERFIKIR ANAK
By. Ida Fitriana S, Pd. MM
Sebagaimana
diketahui bersama, bagaimana sekarang ini
peran media masa sangat berpengaruh terhadap pola pikir anak anak kita. Apalagi
jika kita melihat bagaimana anak anak sekarang sulit sekali berpisah dengan
yang namanya Hp. Hp menjadi kebutuhan mendasar setelah makan dan minum. Bahkan
sebelum melakukan apa apa anak anak kita ketika bangun tidur akan langsung
pegang HP. Karena HP memang memberikan banyak kesenangan mulai dari game, media
social dan kemudahan mengakses informasi. Untuk itu jelas anak akan memperoleh
informasi yang banyak dari media HP ini. Selain itu juga akan banyak menemukan
banyak informasi informasi yang benar ataupun tidak. Semuanya itu akan masuk
dalam diri anak anak kita.
Harus kita fahami semua itu dan
rasanya rasanya kita akan sulit untuk mencoba melarangnya. Maka diperlukan
kemampuan itu bisa menangkap dan mengolah informasi tersebut. Pembudayaan dan
pebiasaan anak perlu dilakukan .dan melalui
BUDAYA LITERASI kita coba kembangkan
anak untuk mengembangkan kemampuanya berfikir.
Apa sebenarnya BUDAYA LITERASI
itu…????
Budaya itu adalah sebuah proses berfikir , yang dipengaruhi
oleh agama (keyakinan hati), politik (aturan), bahasa( komunikasi), pakaian(
perlindungan diri), bangunan (karya),
seni (rasa) . Budaya itu merupakan hasil cipta dan rasa yang dimiliki
manusia.
Literasi adalah kemampuan menulis dan membaca . Budaya
literasi dimaksudkan untuk melkukan kebiasaan berfikir yang diikuti oleh sebuah
proses membaca, menulis yang pada akhirnya apa yang dilakukan dilakukan dalam
sebuah proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya.
Ada banyak cara untuk membentuk budaya literasi
diantaranya (dekat ,mudah ,murah ,senang
,lanjut):
1. Pendekatan akses fasilitas baca(buku dan non buku)
2. Kemudahan akses mendapatkan bahan bacaan
3. Murah tanpa biaya gratis
4. Menyenangkan dengan segala keramahan
5. Berkelanjutan continue/ istiqomah.
Selain itu adabeberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk
menunjang kegiatan budaya leterasi disekolah diantaranya :
1. Tahap ke- 1 : Pembiasaan kegiatan membaca yang
menyenangkan di ekosistem sekolah. Pembiasaan ini bertujuan utuk
menumbuhkan minat terhadap kegiatan membaca dalam diri warga sekolah.
Penumbuhan minat baca merupakan hal fundamental bagi pengembangan kemampuan
literasi anak
2. Tahap ke-2 : Pengembangan minat baca
untuk meningkatkan kemampuan literasi kegiatan. Kegiatan litersi tahap ini
bertujuan memahami bacaan dan mengkaitkannya dengan pengalaman pribadi ,
berfikir kritis dan kreatif melalui
kegiatan menanggapi(Anderson&krathwol,2001)
3. Tahap ke-3: Pelaksanaan pembelajaran berbasis
literasi . pada tahap pembelajaran ini kegiatan literasi bertujuan
mengembangkan kemampuan memahami teks dan mengkaitkan nya dengan pengalaman
pribadi berfikir kritis dan mengolah kemampuan komunikasi secara kreatif
melalui kegiatan menanggapi teks buku bacaan. Dalam tahap ini ada tagian yang
bersifat akademis (terkait dengan mata pelajaran) guna mendukung pelaksanaan
Kurikulum 2013.
Semoga
dengan budaya literasi pelaksanaan kurikulum 2013 di sma n 1 babadan berjalan
dengan menyenangkan dan menjadikan SMAZABA menjadi penuh SEMANGAT SEHAT BERPRESTASI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar