BAB 1
Pengertian
BiayaPeluang Kelangkaandanpilihanmemaksamanusiauntukmenyadaribahwaapabilasuatukeputusa
ntentangpenggunaansumberdayatelahdipilihmakaituberartihilangnyasemuaalternatif penggunaan yang lain.
Peluangataukesempatandaribeberapaalternatif yangtidakdiambilitulah yang di sebutsebagaiBiayaPeluang (Opportunity Cost). Contoh BiayaPeluang Biayapeluanginiakanselalumunculkarenakitaharusmemutuskanapasaja yang tidakdilakukandenganwaktudanpendapatan yang terbatas. Mungkinkitaseringbertanya : ”haruskahsayanaik
bus kotaatauberjalan
kaki untuktiba di sekolah ?” atau “haruskahsayameneruskankuliahataulangsungbekerjasetelahtamat
SMA ?”. jikakitaseringmenghadapiduahal yang harus di pilihartinyakitadihadapkanpadabiayapeluang.
Misalkan Roni
juga menghadapipilihandariduaalternatif,
yaitumembelibukupelajaranatautas.Roni memilikiuangsebesarRp. 150.000,- iainginmembelitassenilaiRp.
125.000,- tetapiia juga
harusmembelibukupelajaransenilaiRp.
75.000,-. Ternyata Roni memutuskanuntukmembelitasdaripadabukupelajaran.
Dengandemikian,
biayapeluang yang dikeluarkan Roni ialahsenilaidenganhargabukupelajaran
yang tidakterbeli,
yaituRp.
75.000,-
Secarasederhana, biaya yang dikorbankan
Roni karenamemilihtasdaripadabukupelajaranialahsenilaihargabukutersebut.
Tetapi,
biayapeluang yang munculsebenarnyatidakhanyaitu.
Biayapeluangnyasenilaihargabukupelajaranditambahdengankesempatanmendapatilm
udannilai yang lebihtinggisaatujian. Jadi, biayapeluangdarisuatupilihantermasuksemuaresikonya, baikkehilanganuangmaupunmanfaat lain yang menyertainya.
Biayapeluang juga dapatdigambarkanmelaluikurvakemungkinanproduksi
(Production Possibilities Froniter-PPF). Frontier
Berikutinicontohtabeldankurvakesempatankerjadalammemproduksibarang X dan
Y
Titik
|
Jumlah Tenaga
Kerja
|
Barang X
( Unit )
|
Jumlah Tenaga
Kerja
|
Barang Y
( Unit )
|
A
|
0
|
0
|
4
|
40
|
B
|
1
|
10
|
3
|
38
|
C
|
2
|
25
|
2
|
30
|
D
|
3
|
40
|
1
|
15
|
E
|
4
|
47
|
0
|
0
|

Y
45
40 A B
35
30 C
25
20
15 D
10
5
0 E
0 10 20 30 40 50 X
Dasardarisebuahpeluangataukesempatanadalahadanyaketerbatasansumberdayadalam
produksisuatubarangdanjasadalamkaitannyadenganalternatifkesempatantenagakerja yang akandipakai. Misalnyajikalebihbanyaktenagakerja yang
digunakanuntukmemproduksimakanan(
A ), makaakansedikittenagakerja yang digunakanuntukmemprodusiminuman
( B ).
IDENTIFIKASI HILANGNYA KESEMPATAN PADA TENAGA KERJA BILA MELAKUKAN PRODUKSI DI BIDANG LAIN
Dalammenjelaskanpenggunaantenagakerjadanbiayakesempatan yang
ditimbulkandenganpemilihansuatupekerjaan,
padadasarnyajikaseseorangtenagakerjatelahbekerjaataumemilihsuatupekerjaantertent
u, iatidakbisalagiuntukbekerjadenganprofesi lain.
Misalnya,
jikamenjadi pilot,
berartikesempatanuntukberproduksisebagaipemain
bola hilang.
Dari kurvakemungkinanproduksidapat juga dilihatbahwasuatu
Negara
telahmenetapkanbarangdanjasa yang akandiproduksi, sebenarnyapadasaat yang bersamaan
Negara
tersebuttelahmembukaataumenentukankesempatankerjabagipenduduknya. Jika Negara tersebutmemproduksimobildanberas,
makakesempatan
yang tersediaadalahbidangmobildanberas.
Dengandemikian,
tenagakerjatidakakanberproduksi di bidang lain sepertiindustri semen atauminuman.
Berartikesempatankerjauntukmemproduksiberasdanmobil.
Jika Negara tersebutmenginginkanproduksimobil yang lebihbanyak, makatenagakerja yang ada di bidangproduksiberasakandipindahkan
(direlokasi)
untukmemproduksimobilsehinggakesempatannyamemproduksiberasakanhilangdemi
kian pula sebaliknya.
Pemindahantenagakerjainiakanmenimbulkanbiayakesempatan,
yaitubiaya yang ditimbulkankarenamemilihsalahsatualternatifpilihan
yang tersedia.