RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1Babadan
Kelas / Semester :
XII / 1
Peminatan : IPS
Mata Pelajaran :
EKONOMI
Topik : Persamaan Akuntansi
Pertemuan :
Ke 1 dan 2
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati, mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar
1.1.
Mensyukuri
sumber daya sebagai karunia Tuhan YME dalam memahami akuntansi
2.1.
Bersikap jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, kreatif,mandiri, kritis dan analitis dalam memahami
akuntansi
3.2 Mendeskripsikan konsep persamaan dasar
akuntansi
4.2
Menyajikan
persamaan dasar akuntansi
Indikator Pencapaian
1.1.
Mensyukuri sumber daya sebagai karunia Tuhan YME atas
pemahaman konsep akuntansi
2.1.
Menunjukan prilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, kerja keras, sederhana,
peduli, kreatif, mandiri dalam memahami dan memanfaatkan
akuntansi
3.2.1. Mengidentifikasi
akun-akun dalam
persamaan dasar akuntansi
(C.2)
3.2.2 Mengklasifikasikan akun-akun
dalam kelompok Harta, Kewajiban,
Modal, Pendapatan
dan Modal (C.3)
3.2.3 Mendeskripsikan rumus-rumus persamaan akuntansi (C2)
3.2.4 Mengidentifikasi
pengaruh
transaksi keuangan
terhadap persamaan akuntansi(C2)
3.2.5 Menganalisis transaksi persamaan
dasar
akuntansi persuahaan jasa
3.2.6 Menganalisis transaksi persamaan
dasar
akuntansi perusahaan jasa pada
Hady
Tailor
Batik Ponoragan (C4)
4.2.1 Menyusun persamaan
dasar
akuntansi perusahaan jasa
4.2.2
Menyusun persamaan
dasar
akuntansi perusahaan jasa pada Hady
Tailor Batik Ponoragan (C4)
4.2.3 Mengidentifikasi
akun-akun yang termasuk neraca dan
laba/rugi (C.3)
4.2.4
Menyusun laporan
keuangan
sederhana dari
persamaan
dasar
akuntansi (C4)
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Selama
dan setelah proses pembelajaran siswa memiliki rasa syukur kepada YME dalam
rangka pemahaman tentang akuntansi
2.
Selama
dan setelah proses pembelajaran siswa menunjukkan sikap jujur bertanggungjawab,
peduli, responsif, dan santun dalam menjiwai konsep akuntansi
3.
Setelah
membaca konsep ekonomi siswa dapat menerapkan Konsep persamaan dasar Akuntansi
pada perusahaan jasa Hady Tailor batik
Ponoragan, Mekanisme Debet Kredit dan aturan saldo normal, Analisis transaksi
dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi pada perusahaan jasa Hady Tailor batik Ponoragan
4. Melalui pengamatan langsung, siswa dapat menganalisis dan mengkomunikasikan tentang Persamaan Dasar
Akuntansi
D.
Materi
Pembelajaran
Persamaan Dasar
Akuntansi
Fakta:
Persamaan dasar
akuntansi menunjukan jumlah harta sama dengan penjumlahan utang dan modal
Sumber:http//rumahilmu3.blogspot. com
Konsep
Konsep persamaan
dasar akuntansi adalah hubungan antara harta utang dan modal
HARTA = UTANG +
MODAL
Harta adalah
aktiva
Utang adalah
kewajiban
Modal adalah
investasi
Prosedur
Siswa
menganalisis pengaruh dalam persamaaan dasar akuntansi pada perusahaan jasa
hady tailor Batik Ponoragan .
a.
Transaksi
yang mempengaruhi perubahan Harta dengan harta
b.
Transaksi
yang mempengaruhi perubahan harta dengan utang
c.
Transaksi
yang mempengaruhi perubahan harta dengan modal
Siswa
dapat menganalisis Mekanisme Debet Kredit dan aturan saldo normal
Siswa
dapat menganalisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode :
Diskusi (NHT), tanya jawab dan penugasan
F.
Media dan
Sumber
a.
Media yang
digunakan adalah tabel persamaan akuntansi
b.
Sumber : Buku
ekonomi kelas XII kurikulum 2013
Edisi revisi 2016
Modul
Ekonomi Kelas XII kurikulum 2013 Edisi revisi 2016
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan kesatu:
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan
Awal:
|
10 menit
|
B.
Kegiatan
Inti:
|
70 menit
|
C.
Kegiatan
Akhir:
1.
Guru bersama siswa membuat simpulan
2.
Guru memberikan tugas individu
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran dan hasilnya.
4.
Guru menyampaikan rencana tindak lanjut tentang remedi
(bagi siswa yang belum tuntas) dan pengayaan (bagi siswa yang sudah tuntas)
serta layanan konseling terhadap siswa yang belum/kurang memahami materi
5.
Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya
6.
Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan bukti transaksi di pertemuan berikutnya yang
berkaitan dengan harta, kewajiban, dan Modal
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua:
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan
Awal
1.
Menyiapkan peserta didik secara psikis (absensi,
berdoa) dan fisik (mengecek kebersihan kelas) untuk mengikuti proses
pembelajaran.
2.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi
persamaan dasar akuntansi.
3.
Mengantarkan peserta didik kepada analisis transaksi
untuk mempelajari materi mekanisme debit kredit dan menjelaskan tujuan
pembelajaran analisis transaksi.
4.
Menyampaikan garis besar cakupan materi analisis
transaksi.
|
10 menit
|
B.
Kegiatan
Inti
1.
Siswa membaca
berbagai referensi yang relevan tentang analisis transaksi dan diberikan
salah satu contoh bukti transaksi
2.
Siswa berdiskusi
dengan teman sekelompok mengenai analisis transaksi
3.
Guru memilah gambar-gambar yang dikumpulkan siswa yang
berkaitan dengan harta, kewajiban, pendapatan dan beban yang relevan.
4.
Siswa menganalisis,
mengurutkan berdasarkan likuiditasnya dan menempelkan gambar-gambar
harta, kewajiban, pendapatan dan beban ke kolom mekanisme debit kredit.
5.
Siswa mengambil kartu soal dan menganalisis transaksi lalu mengerjakannya di kolom mekanisme
debit kredit.
6.
Siswa menyimpulkan
materi dan mendiskusikannya dengan
kelompoknya
|
70 menit
|
C.
Kegiatan
Akhir:
1.
Guru bersama siswa membuat simpulan tentang analisis
transaksi.
2.
Guru memberikan tugas individu
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran dan hasilnya.
4.
Guru menyampaikan rencana tindak lanjut dan remedi
(bagi siswa yang belum tuntas) dan pengayaan (bagi siswa yang sudah tuntas)
serta layanan konseling bagi siswa yang belum/kurang memahami materi analisis
transaksi
5.
Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya
6.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat
persamaan akuntansi
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik : Tulis
2.
Bentuk
Instrumen : Essay dan Obyektif test
3.
Soal/terlampir
4.
Kunci
Jawaban/terlampir
5.
Pensekoran
jawaban/terlampir
6.
Rubrik
Penilaian/terlampir
Catatan : Ketuntasan KD ini sama dengan 100
Siswa
dinyatakan tuntas bila memperoleh skor minimal > 70
Siswa
yang belum tuntas dilayani remidi pada pertemuan sebelumnya
Siswa
yang telah tuntas diberi pengayaan pada pertemuan beirkutnya
Ponorogo,
16 Juli 2018
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Sugeng Subagyo, M.Pd Ida
Fitriana, S. Pd
NIP
19581023 198403 1 004 NIP
197509152000122004
SOAL
Pertemuan
Satu:
Hady Tailor Batik Ponoragan milik S. Suhadi pada
tanggal 1 Desember 2015 mempunyai Harta:
Uang tunai
|
RP
4.000.000,00
|
Piutang
|
RP
1.300.000,00
|
Perlengkapan
|
RP
200.000,00
|
Mesin jahit
|
RP
1.700.000,00
|
Hutang
|
Rp
2.800.000,00
|
Transaksi yang terjadi pada bulan Desember 2015 adalah
sebagai berikut.
Tanggal 04
|
penerimaan dari langganan, kredit RP 1.200.000,00.
|
Tanggal 06
|
pembayaran rekening listrik sebesar Rp 425.000,00.
|
Tanggal 08
|
penerimaan tunai hasil jahitan Rp500.000,00.
|
Tanggal 10
|
pembayaran hutang RP 1.500.000,00,
|
Tanggal 13
|
pembelian tunai perlengkapan jahit Rp 250.000 00.
|
Tanggal 15
|
pembayaran upah tukang jahit Rp 450.000,00.
|
Tanggal 19
|
pembelian dari Toko Bintang, dua buah mesih jahit Rp
1.600.000,00 antaranya Rp 200.000,00 dibayar tunai, sisanya secara
kredit
|
Tanggal 21
|
penerimaan pendapatan komisi Rp 150.000,00.
|
Tanggal 25
|
pengambilan dari kas, uang tunai Rp 500.000,00 untuk
keperluan rumah tanggaÂ
|
Tanggal 27
|
penerimaan tunai hasil jahitan Rp 800.000,00
|
Tanggal 30
|
pembayaran upah tukangjahit Rp 1.200.000,00.
|
Tanggal 31
|
persediaan perlengkapan yang masih ada senilai RP
100.000,00.
|
Tanggal 31
|
seluruh mesin jahit disusutkan 10%.
|
Diminta, catatlah transaksi di atas dalam persamaan
akuntansi dengan bentuk:
Kas + piutang + perlengkapan + mesin ‑ akumulasi
penyusutan mesin = hutang + modal
Pedoman penskoran:
Uraian Jawaban
|
Skor
|
1. jawaban lengkap
dan benar
seluruhnya
2. jawaban lengkap
dan benar
sebagian besar
3. jawaban lengkap
dan benar
sebagian kecil
4. jawaban lengkap
dan salah
5. tidak ada jawaban
|
100
70 – 90
50 – 69
30
0
|
Total skor
|
Skor
yang diperoleh
Nilai = -------------------------- X 100
Skor
maksimal
Pertemuan
Kedua:
- Pada awal bulan mei 2015. Andi mendirikan perusahaan angkutan yang diberi nama Perusahaan Angkutan Andi dan menanamkan modalnya dalam perusahaan tersebut, berupa uang tunai sebanyak Rp 800.000.000,00 dan peralatan kantor senilai Rp 50.000.000,00.
- Perusahaan membeli 2buah truk harganya masing-masing Rp 100.000.000,00 dan Rp 150.000.000,00 secara tunai.
- Perusahaan membayar sewa gedung bulan Oktober sebesar Rp 5.000.000,00
- Dibeli barang-barang perlengkapan kantor seharga Rp 2.000.000,00 secara tunai.
- Dibeli sebidang tanah dari bapak Sungkono untuk tempat reparasi kendaraan seharga Rp 150.000.000,00. Dari harga tanah tersebut Rp 100.000.000,00 dibayar tunai dan sisanya akan dibayar secara bertahap dalam waktu 2 bulan.
- Diterima pembayaran dari tuan Rudi sebesar Rp 10.000.000,00 untuk pengangkutan barang ke Jakarta.
- Dibeli secara tunai bensin dan oli seharga Rp 2.500.000,00.
- Dibayar utang kepada bapak Sungkono sebesar Rp 25.000.000,00.
- Dibayar gaji pegawai untuk periode dua minggu pertama bulan Mei sebesar Rp 7.500.000,00.
- Diterima Pendapatan Angkutan Rp 12.000.000,00
- Dibayar biaya telepon dan macam-macam biaya lainnya sebesar Rp 500.000,00.
- Diterima hasil angkutan Rp 10.000.000,00.
- Dibayar gaji pegawai untuk periode dua minggu kedua bulan Mei sebesar Rp 7.500.000,00.
- Diterima hasil angkutan Rp 12.000.000,00.
- Dibeli bensin dan oli seharga Rp 3.000.000,00.
- Andi (pemilik perusahaan) mengambil uang dari perusahaan sebanyak Rp 2.000.000,00 untuk keperluan pribadi.
Jawaban:
Transaksi 1:
- Rekening aktiva dan rekening modal bertambah.
- Nama rekening-rekening aktiva yang dipakai adalah Kas dan Peralatan Kantor, dan rekening modal adalah Modal-Andi.
- Debet: Kas sebesar Rp 800.000.000,00 karena aktiva bertambah, Debet: Peralatan Kantor Rp 50.000.000,00 karena aktiva bertambah, Kredit: Modal-Budi Rp 850.000.000,00 karena modal bertambah.
Transaksi 2:
- Transaksi ini merupakan suatu perubahan dari aktiva yang satu ke aktiva yang lainnya.
- Nama rekening yang terpengaruh oleh transaksi adalah Kendaraan Bermotor dan Kas.
- Debit: Kendaraan Bermotor Rp 250.000.000,00 karena aktiva bertambah, Kredit: Kas Rp 250.000.000,00 karena aktiva berkurang.
Transaksi 3:
- Transaksi ini menyebabkan biaya bertambah dan aktiva berkurang.
- Nama rekening yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah Sewa Gedung dan Kas.
- Debit: Sewa Gedung Rp 5.000.000,00 karena biaya bertambah, Kredit: Kas Rp 5.000.000,00 karena aktiva berkurang.
Transaksi 4:
- Transaksi ini merupakan perubahan suatu aktiva menjadi aktiva yang lain.
- Nama rekening yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah Perlengkapan Kantor dan Kas.
- Debit: Perlengkapan Kantor Rp 2.000.000,00 karena aktiva bertambah, Kredit: Kas Rp 2.000.000,00 karena aktiva berkurang.
Transaksi 5:
- Transaksi ini di satu pihak menyebabkan bertambahnya aktiva dan di lain pihak menimbulkan berkurangnya aktiva, serta timbulnya kewajiban.
- Nama-nama rekening yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah aktiva Tanah, aktiva Kas, dan kewajiban yang disebut Utang Dagang.
- Debit: Tanah Rp 150.000.000,00 karena aktiva bertambah, Kredit: Kas Rp 100.000.000,00 karena aktiva berkurang, Kredit: Utang Dagang Rp 50.000.000,00 karena utang bertambah.
Transaksi 6:
- Transaksi ini menyebabkan bertambahnya aktiva dan pendapatan bertambah.
- Nama-nama rekening yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah aktiva Kas dan pendapatan yang disebut Pendapatan Angkutan.
- Debit: Kas Rp 10.000.000,00 karena aktiva bertambah, Kredit: Pendapatan Angkutan Rp 10.000.000,00 karena pendapatan bertambah.
Transaksi 7:
- Transaksi ini menyebabkan biaya bertambah dan aktiva berkurang.
- Nama-nama rekening yang terpengaruh oleh transaksi oleh transaksi ini adalah Biaya Bensin dan Oli dan rekening Kas.
- Debit: Biaya Bensin dan Oli Rp 2.500.000,00 karena aktiva bertambah, Kredit: Kas Rp 2.500.000,00 karena aktiva berkurang.
Transaksi 8:
- Transaksi ini menyebabkan aktiva berkurang dan kewajiban berkurang.
- Nama-nama rekening yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah aktiva Kas dan kewajiban Utang Dagang.
- Debit: Utang Dagang Rp 25.000.000,00 karena kewajiban berkurang, Kredit: Kas Rp 25.000.000,00 karena aktiva berkurang.
Transaksi 9:
- Transaksi ini menyebabkan biaya bertambah dan di lain pihak aktiva berkurang.
- Nama-nama rekening yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah biaya Gaji Pegawai dan aktiva Kas.
- Debit: Gaji Pegawai Rp 7.500.000,00 karena biaya bertambah, Kredit: Kas Rp 7.500.000,00 karena aktiva berkurang.
Transaksi 10:
- Debit: Kas Rp 12.000.000,00
- Kredit: Pendapatan Angkutan Rp 12.000.000,00
Transaksi 11:
- Debit: Macam-macam Biaya Rp 500.000,00
- Kredit: Kas Rp 500.000,00
Transaksi 12:
- Debit: Kas Rp 10.000.000,00
- Kredit: Pendapatan Angkutan Rp 10.000.000,00
Transaksi 13:
- Debit: Gaji Pegawai Rp 7.500.000,00
- Kredit: Kas Rp 7.500.000,00
Transaksi 14:
- Debit: Kas Rp 12.000.000,00
- Kredit: Pendapatan Angkutan Rp 12.000.000,00
Transaksi 15:
- Debit: Biaya Bensin dan Oli Rp 3.000.000,00
- Kredit: Kas Rp 3.000.000,00
Transaksi 16:
- Transaksi ini menyebabkan modal berkurang dan aktiva berkurang.
- Nama-nama rekening yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah aktiva Kas dan rekening modal yang disebut rekening Prive.
- Debit: Prive Budi Rp 2.000.000,00 karena modal berkurang, Kredit: Kas Rp 2.000.000,00 karena aktiva berkurang.
Pedoman penskoran
Uraian Jawaban
|
Skor
|
1. jawaban lengkap
dan benar
seluruhnya
2. jawaban lengkap
dan benar
sebagian besar
3. jawaban lengkap
dan benar sebagian
kecil
4. jawaban lengkap
dan salah
5. tidak ada jawaban
|
100
70 – 90
50 – 69
30
0
|
Total skor
|
Skor
yang diperoleh
Nilai = -------------------------- X 100
Skor
maksimal
FORMAT PENGAMATAN
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI 2: Menghayati,
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
No
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tang-gung jawab
|
Peduli
|
Kerja keras
|
||||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
B
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1.
|
||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||
6.
|
||||||||||||||||
7.
|
||||||||||||||||
8.
|
||||||||||||||||
9.
|
||||||||||||||||
10.
|
||||||||||||||||
...
|
||||||||||||||||
31.
|
||||||||||||||||
32.
|
INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang
sebenarnya
b.
Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
2.
Disiplin
a.
Selalu
hadir di kelas tepat waktu
b.
Mengerjakan
LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati
aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
3.
Tanggung
jawab
a.
Berusaha
menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya
kepada teman/guru bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan
permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi dalam kelompok
4.
Peduli
a.
Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang
membutuhkan
b.
Menunjukkan
rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu
memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
5.
Kerja
keras
a.
Mengerjakan
LKS dengan sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan
sikap pantang menyerah
c.
Berusaha
menemukan solusi permasalahan yang diberikan
PEDOMAN PENILAIAN:
- Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
- Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar