![]() |
|||
![]() |
|||
Nama Sekolah : SMA Negeri 1
Babadan
Bidang Studi : Akuntansi
Pokok Bahasan : Harga Pokok
Penjualan
Kelas / Semester : XII / 2
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
A.
KompetensiInti(KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati,
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya,dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuanKompetensi
Dasar
B.
KompetensiDasar
1.1
Mensyukuri karunia
Tuhan YME atas keragaman dan keunggulan antar bangsa
1.2
Mensyukuri
hakikat akuntansi sebagai sistem informasi keuangan
Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli,
responsif dan proaktif dalam melakukan perdagangan dan kerja sama ekonomi
internasional, serta dalam melakukan kegiatan tahapan akuntansi perusahaan jasa
dan perusahaan dagang.
3.6
Menganalisis siklus akuntansi perusahaan dagang
4.6 Mempraktikkan tahapan siklus akuntansi
perusahaan dagang
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Menunjukan rasa syukur
terhadap kebesaran Tuhan YME atas adanya keteraturan dalam akuntansi perusahaan
dagang untuk mencatat transaksi keuangan
2.2.1
Menunjukan
perilaku rasa ingin tahu, disiplin, jujur, teliti, tanggung jawab, dan
komunikatif dalam mencatat transaksi pada akuntansi perusahaan dagang
3.6.1
Menganalisis
siklus akuntansi perusahaan dagang ( Tahap pelaporan)
3.6.2
Mendiskripsikan harga pokok
penjualan
4.6.1 Mempraktikkan tahapan siklus akuntansi
perusahaan dagang
4.6.2
Menghitung harga pokok penjualan
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian HPP adalah keseluruhan biaya
perolehan barang dagang yang akan di jual selama suatu periode akuntansi.
Manfaat menghitung HPP antara lain :
1. Sebagai
pedoman menentukan harga jual
2. Mengetahui
laba atau rugi selam periode berjalan
3. Mengetahui
laba perusahaan yang akan dicapai masa yang akan dating
4. Menilai
efisiensi operasional perusahaan
5. Mempertahankan
kelangsungan usaha
Pembelihan
bersih = (Pembelihan bersih + Beban angkut pembelian)
– (ratur pembelian dan PH + Potongan pembelian)
BTUD = Persediaan barang dagang awal + Pembelian
Bersih
HPP =
BTUD + persediaan barang dagang akhir
Harga
Pokok Penjualan
Rumus menghitung harga pokok penjualan
Persediaan barang dagang awal Rp.
..............
Pembelian Rp.
.....................
Beban angkut pembelian Rp. .....................
_____________ +
Rp.
.....................
Retur pembelian Rp. .........
Potongan pembelia Rp. .........
________ +
Rp.
.....................
+
Pembelian bersih Rp.
..............
Persediaan barang dagang akhir ..................................... Rp. ..............
___________ +
Barang yang tersedia dijual ............................................ Rp. ..............
___________ -
Harga Pokok Penjualan................................................... Rp. ..............
![]() |
E. Strategi pembelajaran
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Discovery
Learning (DL)
|
1.
Guru memberikan salam
2.
Guru menanyakan kehadiran siswa
3.
Memotivasi siswa untuk belajar akuntansi
perusahaan dagang
4.
Memberikan apersepsi siswa
dengan menunjukkan bahan bacaan
mengenai akuntansi perusahaan dagang
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
Stimulation
(simullasi/ pemberian rangsangan
|
Guru
menjelaskan indicator dan tujuan pembelajaran, Guru
mengemukakan permasalahan dalam memahami akuntansi perusahaan
dagang.
Peserta didik dianjurkan untuk membaca buku
yang sudah disediakan atau melihat tanyangan video yang ditayangkan
|
10
menit
|
|
Problem
)statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
|
Melalui
pengamatan terhadap video peserta didik secara berkelompok mengindentifikasi konsep akuntansi perusahaan dagang dengan menjawab pertanyaan :
1.
Diskripsikan pengertian HPP pada akuntansi perusahaan dagang tahap
pelaporan sebagaimana dijelaskan dalam video tersebut.
2.
Identifikasi manfaat
HPP yang dicatat dalam akuntansi perusahaan dagang
3.
Identifikasi
konsep penghitungan
HPP pada akuntansi perusahaan dagang
|
70
menit
|
|
Data
collection (pengumpulan data)
|
Peserta didik mengumpulkan data dan
informasi yang relevan dengan masalah akuntansi
perusahaan dagang melalui buku, referensi, internet, mengamati obyek/gambar,
wawancara dari nara sumber.
|
|
|
Data processing (pengolahan Data)
|
Melakukan uji hipotesis untuk
melakukan pemeriksaan terhadap temuan yang telah ditetapkan sebelumnya
berdasarkan data dan informasi yang diperoleh, berupa konsep, teori, melalui contoh yang dijelaskan oleh guru
tentang akuntansi perusahaan dagang. Dengan pengecekkan apakah hipotesis yang
telah dirumuskan apakah terjawab atau tidak.
|
|
|
Verification (pembuktian)
|
Mengolah data dan informasi yang diperoleh dari
berbagai sumber berdasarkan teknik yang digunakan untuk ditafsirkan semua informasi di olah, diklarifikasi guna menjawab permasalahan akuntansi perusahaan dagang. Sehingga peserta didik mendapatkan
pengetahuan baru tentang alternative jawaban/ penyelasaian yang perlu
mendapat pembuktian secara logis.
|
|
|
Data
collection (pengumpulan data)
|
Melakukan uji
hipotesis untuk melakukan pemeriksaan terhadap temuan yang telah ditetapkan sebelumnya
berdasarkan data dan informasi yang diperoleh, berupa
konsep, teori, akuntansi perusahaan dagang contoh yang ditemukan di video
atau lapangan. Dengan pengecekkan apakah hipotesis yang telah dirumuskan
apakah terjawab atau tidak
|
|
Kegiatan
Penutup
|
Generalization (menarik
kesimpulan/generalisasi)
Guru membantu siswa menyimpulkan materi yang dibahas, dan memberikan
refleksi.
Guru memberikan tugas dirumah untuk mempelajari materi
berikutnya
|
Membuat
kesimpulan dari hasil verifikasi data dan informasi tentang masalah akuntansi perusahaan dagang
|
|
F. Penilaian,PembelajaranRemedialdanPengayaan
1. Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
Instrumen:
a. Observasi
Berikan skor pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan.
1 = jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan
2 = jika
kadang-kadang berperilaku dalam
kegiatan
3 = jika sering berperilaku dalam kegiatan
3
=
jika selalu berperilaku dalam kegiatan
|
a. Penilaian Sikap
melalui Penilaian Diri
Instrumen:
Bacalah
baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan
keadaan dirimu yang sebenarnya.
Dari penilaian diri ini Anda dapat memberi skor
misalnya YA=2, Tidak =1
Penilaian Diri
Bacalah
baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan
keadaan dirimu yang sebenarnya.
Dari penilaian diri ini Anda dapat memberi skor
misalnya YA=2, Tidak =1
Penilaian Diri
Bacalah
baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan
keadaan dirimu yang sebenarnya.
Dari penilaian diri ini Anda dapat memberi skor
misalnya YA=2, Tidak =1
|
b. Penilaian Antar
Peserta Didik
Instrumen:
Penilaian
antar Peserta
Didik
-
Amati perilaku temanmu dengan cermat selamat
mengikuti pembelajaran Ekonomi
-
Berikan tanda V
pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
-
Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu
Penilaian
antar Peserta
Didik
-
Amati perilaku temanmu dengan cermat selamat
mengikuti pembelajaran Ekonomi
-
Berikan tanda V
pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
-
Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu
|
c.
Penilaian
Sikap melalui Jurnal
Instrumen:
Petunjuk
pengisian jurnal (diisi oleh guru):
1)
Tulislah identitas peserta didik yang diamati,
tanggal pengamatan dan aspek yang
diamati oleh guru.
2)
Tuliskan kejadian-kejadian yang dialami oleh
Peserta didik baik yang merupakan kekuatan
maupun kelemahan Peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait
dengan Kompetensi Inti.
3)
Simpanlah kartu tersebut di dalam folder
masing-masing Peserta didik
|
2. Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. Tes Tulis
1)
Soal
Uraian
Instrumen
Bentuk
soal Uraian : Esay Terstruktur =è
Terlampir
|
3. Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Penilaian
Praktik
Instrumen :
Peserta didik bisa mendemontrasikan konsep akutansi perusahaan dagang (tahap pelapora
n ) menghitung HPP
|
D. Media/alat,Bahan,dan
SumberBelajar
1. Media/alat :
Lembar kerja siswa(LKS)
Laptop dan LCD Proyektor
2. SumberBelajar
:
-
Sutomo, dkk, Buku Siswa Ekonomi 3, PT Wangsa Jatra Lestari, 2014
- Kardiman, Drs, Dkk. 2006. Prinsip-prinsip Akuntansi 2 SMA Kelas XII.
Jakarta : Yudistira
- Alam, S. 2007. Ekonomi untuk SMA dan MA kelas XII. Jakarta : Esis
- Habibi, M. & Widodo, A. 2007. Ekonomi untuk SMA dan MA kelas XI.
Jakarta : Piranti Darma Kalokatama
- Moeslihat R. 2005. Akuntansi Untuk SMA kelas XI. Bandung : Regina
- Widodo, Ahmad. DKK. 2005. Akuntansi SMA?MA Kelas XI. Jakarta :
Piranti
- Sumarno. DKK. Akuntansi SMA dan MA Kelas XII. Jakarta : Piranti
Buku Akuntansi dan sumber lain yang relevan
Video Pembelajaran
Internet
Catatatan :
Ketuntasan KD ini sama dengan 100
Siswa dinyatakan tuntas bila memperoleh skor
minimal > 75
Siswa yang belum tuntas dilayani remidi pada
pertemuan berikutnya
Kepala Sekolah
Dra Tutut Erliena, M.
Pd
NIP 195906091984032006
|
Babadan
Guru Bidang Studi
Ekonomi/akuntansi
Ida Fitriana, S.Pd.MM
NIP 197509152000122004
|

Bidang Studi : Akuntansi
Kelas/Semester : XII/2
Pokok Bahasan : Harga Pokok Penjualan
1. PETUNJUK KEGIATAN
1. Bacalah petujuk kegiatan dengan sesakma
sebelum anda mengerjakan tugas.
2. Guru meminta siswa untuk membuat kelompok,
setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang, setiap anggota kelompok diberi nomor
urut 1 sampai 5 (5 menit).
3. Guru memberikan tugas pada setiap kelompok
untuk mengerjakan LKS yang telah diberikan, anggota kelompok yang bernomor
ganjil menganalisi soal ganjil, nomor genap menganalisi soal genap (5 menit).
4. Setiap kelompok mendiskusikan jawaban yang
benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat mengerjakan/mengetahui
jawabannya, hasil akhir ditulis ditransparan (20 menit).
5. Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan
kelompok, kelompok lainnya menanggapi (45 menit).
Diketahui data dari UD Merpati sebagai berikut :
1. Persediaan barang dagang awal Rp. 5.600.000,-
Pembelian Rp.
10.000.000,-
Beban angkut pembelian Rp. 100.000,-
Retur pembelian Rp. 2.000.000,-
Potongan pembelian Rp. 150.000,-
Persediaan akhir Rp. 4.500.000,-
Hitunglah HPP-nya.
2. Persediaan akhir barang dagang Rp. 5.000.000,-
Persediaan awal barang dagang Rp. 7.000.000,-
Pembelian Rp. 6.000.000,-
Beban angkut barang dagang Rp.
300.000,-
Potongan pembelian Rp. 200.000,-
Retur pembelian Rp. 500.000,-
Hitunglah HPP-nya.
---------- 000 ----------

Diketahui data dari UD Merpati diantaranya sebagai berikut:
Penjualan Rp.
15.000.000,-
Retur penjualan Rp. 2.000.000,-
Potongan penjualan Rp. 500.000,-
Pembelian Rp. 9.000.000,-
Beban angkut pembelian Rp. 600.000,-
Retur pembelian Rp. 2.500.000,-
Potongan pembelian Rp. 400.000,-
Persediaan barang dagang awal Rp. 1.800.000,-
Persediaan barang dagang akhir Rp. 2.300.000,-
Diminta, hitunglah:
a. Pembelian bersih
b. Barang yang tersedia dijual
c. Harga poko penjualan

Persediaan barang
dagang awal Rp.
1.800.000,-
Pembelian Rp.
9.000.000,-
Beban angkut pembelian Rp. 600.000,-
+
Rp.
9.600.000,-
Retur pembelian Rp.
2.500.000,-
Potongan pembelian Rp. 400.000,-
___________
Rp.
2.900.000,-
_
Pembelian bersih ......................................................................... Rp.
6.700.000,-
_____________ +
Barang yang tersedia dijual ........................................................................ Rp.
8.500.000,-
Persediaan barang akhir ................................................................................. Rp.
2.300.000,-
_____________ _
Harga pokok penjualan .............................................................................. Rp. 6.200.000,-

No.
|
Yang dinilai
Nama Akun
|
Skor Maksimal
|
Perolehan Skor
|
1.
|
Pembelian bersih
|
30
|
|
2.
|
Barang yang tersedia dijual
|
30
|
|
3.
|
Harga pokok penjualan
|
40
|
|
JUMLAH
|
100
|
|
NILAI =
|
PEROLEHAN SKOR
|
X 100
|
SKOR MAKSIMAL
|
Rumus
Menghitung harga pokok
penjualan
Persediaan barang dagang awal Rp.
..............
Pembelian Rp.
.....................
Beban angkut pembelian Rp. .....................
_____________ +
Rp.
.....................
Retur pembelian Rp. .........
Potongan pembelia Rp. .........
________ +
Rp.
.....................
+
Pembelian bersih Rp.
..............
Persediaan barang dagang akhir ..................................... Rp. ..............
___________ +
Barang yang tersedia dijual ............................................ Rp. ..............
___________ -
Harga Pokok Penjualan................................................... Rp. ..............
![]() |
Rumus
Menghitung harga pokok
penjualan
Persediaan barang dagang awal Rp.
..............
Pembelian Rp.
.....................
Beban angkut pembelian Rp. .....................
_____________ +
Rp.
.....................
Retur pembelian Rp. .........
Potongan pembelia Rp. .........
________ +
Rp.
.....................
+
Pembelian bersih Rp.
..............
Persediaan barang dagang akhir ..................................... Rp. ..............
___________ +
Barang yang tersedia dijual ............................................ Rp. ..............
___________ -
Harga Pokok Penjualan................................................... Rp. ..............
![]() |