INGIN MENULIS ARTIKEL
Jujur ingin ku ungkapkan bahwa sebagai seorang yang kadang kadang atau bisa dikata sering membuka internet. aku orang yang belum pernah membuat artikel yang bisa dimuat disurat kabar.Keinginan ku untuk bisa membuat artikel amat sangat tinggi namun berkali kali aku coba artikel yang aku buat tidak bisa selesai bahkan hasil nya cenderung tidak memuaskan. untuk itu ingin kungungkpkan yang menjadi kendala ketika aku membuat artikel semoga kendala yang aku hadapi ini ada yang memberi soslusi atau pencerahan ....
Kendala membuat artikel yang baik menurutku:
1. sulit sekali menemukan topik yang bagus untuk ditulis
2. fikiran cenderung buntu alian tidak menemukan esuatu yang paling baik untuk ditulis.
3. ketika sudah mencooba menulis, tulisan itu tidak selesai
4. ketika mau menulis ragu ragu dan akhirnya gagal
5. bahan untuk menulis tidak siap
6. dlllll masih banyak lagi....
mungkin kejadian ini hanya saya yang mengalami ternyata setelah saya tanya pada teman tidak sedikit teman yang juga mengalami hal yang sama ...
Namun seorang teman pernah memberi solusi terhadap kejadian yang aku dan teman teman alami ini yaitu dengan :( Sutejo Ssc)
1. Menulis itu hanya butuh telaten
2. sedikit imjinasi nakal
3. latihan tak terhitung
4. membaca teks dan non teks
5. kritik dan peka
6. memberi contoh dan yang terakhir saya tambahkan "mencoba"
"selamat mencoba "
Kamis, 03 Desember 2015
Rabu, 02 Desember 2015
KESAN
KESAN
Ingin ku pinta satu pengertian
Dan ku bentangkan obsesi dan asa
Agar ada titik temu
Figur karima telah datang
Ilustrasikan seulas wajah
Teguh dengan pendirian
Ramah khas bersahabat
Intuisi tak dilumuri noda
Ada selaksa kekaguman
Nuansa ekspresi
Ada satu jalan "penantian"
SILUET PAGI
Kala mentari muncul dari ufuk timur
Pertanda hari menjelang siang
Sebuah tanda dimulainya kehidupan
Dalam kegiatan keseharian
Tak lupa kusegerakan
Berbagai aktifitas untuk segera bergegas
Kalau tidak ingi semua berantakan
Dan berakhir pada kekecewaan
Satu persatu hilang
Dan yang tertinggal dalam kesendirian
Rumahku untuk sebentar kami tinggalkan
Dan kembali lagi untuk menyemarakkan
Ingin ku pinta satu pengertian
Dan ku bentangkan obsesi dan asa
Agar ada titik temu
Figur karima telah datang
Ilustrasikan seulas wajah
Teguh dengan pendirian
Ramah khas bersahabat
Intuisi tak dilumuri noda
Ada selaksa kekaguman
Nuansa ekspresi
Ada satu jalan "penantian"
SILUET PAGI
Kala mentari muncul dari ufuk timur
Pertanda hari menjelang siang
Sebuah tanda dimulainya kehidupan
Dalam kegiatan keseharian
Tak lupa kusegerakan
Berbagai aktifitas untuk segera bergegas
Kalau tidak ingi semua berantakan
Dan berakhir pada kekecewaan
Satu persatu hilang
Dan yang tertinggal dalam kesendirian
Rumahku untuk sebentar kami tinggalkan
Dan kembali lagi untuk menyemarakkan
Minggu, 29 November 2015
UJIAN NASIONAL, PAKAI CBT.......??????
UJIAN NASIONAL, PAKAI CBT........?????
Ujian Nasional berbasis komputer, artinya ujian nasional yang cara mengerjakan soalnya menggunakan komputer. Sebuah program aplikasi yang sangat baik. dan layak mendapat dukungan dari berbagai pihak. dengan adanya ujian komputer artinya ujuan itu dilakukan secara onlain.
Layak sebuah sekolah menggunakan ujian dengan menggunakan komputer jelas dilihat dari persiapan sarana prasarananya yang menunjang pelaksanaan CBT berjalan bisa diselesaikan. selain itu kesiapan dari mental anak anak dan pihak sekolah diharapkan bisa mendukung juga.
Ujian semakin hari semakin sering di permaslahkan yaitu mengenai soaln yang bocor , siswa yang contek contekan. dengan langkah ini diharapkan semua permasalahan yang terkait dengan ujian segera bisa diatasi. Pertanyaan saelajutmya adalah bagaimana kesiapan siswa mengahadapi ujian dengan CBT ini....?????
Yang jelas kesiapan mental anak anak harus menjadi prioritas utama. sehingga anak anak tidak shok menghadapi ujian ini. berbagai cara dilakukan dengan tetap mengedepankan pendidikan karakter siswa semoga sekolahan yang meggunakan ujian dengan cara CBT maupun yang biasa bisa berjalan sesuai yang diharapkan dan pendidikan kita menjadi yang terbaik.
Ujian Nasional berbasis komputer, artinya ujian nasional yang cara mengerjakan soalnya menggunakan komputer. Sebuah program aplikasi yang sangat baik. dan layak mendapat dukungan dari berbagai pihak. dengan adanya ujian komputer artinya ujuan itu dilakukan secara onlain.
Layak sebuah sekolah menggunakan ujian dengan menggunakan komputer jelas dilihat dari persiapan sarana prasarananya yang menunjang pelaksanaan CBT berjalan bisa diselesaikan. selain itu kesiapan dari mental anak anak dan pihak sekolah diharapkan bisa mendukung juga.
Ujian semakin hari semakin sering di permaslahkan yaitu mengenai soaln yang bocor , siswa yang contek contekan. dengan langkah ini diharapkan semua permasalahan yang terkait dengan ujian segera bisa diatasi. Pertanyaan saelajutmya adalah bagaimana kesiapan siswa mengahadapi ujian dengan CBT ini....?????
Yang jelas kesiapan mental anak anak harus menjadi prioritas utama. sehingga anak anak tidak shok menghadapi ujian ini. berbagai cara dilakukan dengan tetap mengedepankan pendidikan karakter siswa semoga sekolahan yang meggunakan ujian dengan cara CBT maupun yang biasa bisa berjalan sesuai yang diharapkan dan pendidikan kita menjadi yang terbaik.
UJIAN SEMESTER 1 TAHUN 2015
UJIAN SEMESTER 1 TAHUN 2015
Ujian ohhhh ujian
Soal ini begitu sulit untuk dikerjakan
Meskipun aku sudah belajar semalaman
Ternyata memang sulit benar untuk diselesaikan
Ujian ohhhhhh Ujian
Untuk mendapat nilI bagus benar
Memang diperlukan pengorbanan
Secara keseluruhan
Ukian ohhhhhh ujian
Semangatku harus tetap berkobar
Untuk ujian soal soal
Dan ujian kehidupan...
Ujian ohhhh ujian
Soal ini begitu sulit untuk dikerjakan
Meskipun aku sudah belajar semalaman
Ternyata memang sulit benar untuk diselesaikan
Ujian ohhhhhh Ujian
Untuk mendapat nilI bagus benar
Memang diperlukan pengorbanan
Secara keseluruhan
Ukian ohhhhhh ujian
Semangatku harus tetap berkobar
Untuk ujian soal soal
Dan ujian kehidupan...
Senin, 26 Oktober 2015
Meningkatkan Citra Sekolah melalui 3 P
“Meningkatkan citra sekolah
melalui 3 P ( Penampilan,Pelayanan dan Prestasi)
di Sekolah “
oleh Ida Fitriana, S. Pd., MM
Peran sekolah sebagai sarana pembentukan
keberhasilan pendidikan merupakan hal mutlak yang harus diwujutkan oleh
berbagai komponen pendidikan. Konsep 3P yang diungkapkan dalam wacana pendidikan
merupakan hal yang harus bisa diwujudkan dalam pelaksanaan program pendidikan
disekolah. Adapun konsep 3P tersebut
adalah
A.
Penampilan fisik sekolah meliputi, antara
lain:
1.
Identitas sekolah
Identitas
sekolah terdiri atas :
1) Identitas utama berupa papan nama sekolah
yang mencantumkan nama dan alamat lengkap serta logo yang menunjukan
karakteristik dari sekolah. Papan nama harus terpelihara, bersih, indah (warna
tidak pudar dan tidak berlumut) dan dilengkapi dengan lampu penerangan agar
tetap terlihat dan terbaca saat
2) Identitas tambahan berfungsi sebagai media
promosi untuk program unggulan atau program khusus yang diselenggarakan oleh
sekolah. Papan nama tambahan ini, dapat dibuat dalam bentuk permanen atau non
permanen, seperti spanduk, banner, poster dan lain-lain. Substansi dari papan
tambahan mencakup informasi yang mempromosikan sekolah, misalnya: jenis dan
keunggulan program, manfaat/nilai tambah program bagi peserta didik,
prestasi/penghargaan yang diperoleh terkait dengan program sekolah. Identitas
tambahan ditulis dengan menggunakan kalimat sederhana, menarik
3) Informasi sekolah
Agar masyarakat mengetahui identitas
program dan keunggulan sekolah, dapat dibuat media informasi sebagai berikut:
a. Profil sekolah menyangkut Visi, Misi, Tujuan
sekolah, dan data persekolahan (ketenagaan, sarana prasarana dan peserta
didik).
b. Media
Informasi program sekolah memuat program dan kegiatan pembelajaran intra dan
ekstra kurikuler, program pengembangan sekolah dan berbagai informasi lain yang
terkait dengan program pemenuhan SNP.
c. Tata tertib,
slogan, himbauan yang dapat memotivasi seluruh warga sekolah dalam implementasi
sekolah.
d. Petunjuk arah
dan Identitas ruangan yang berfungsi sebagai informasi dan penanda setiap
tempat atau ruangan di lingkungan sekolah.
e. Memiliki program yang mencakup data kehadiran
guru, guru pengganti dan kegiatan-kegiatan yang dapat mengisi kekosongan jam
pelajaran akibat dari ketidakhadiran guru.
f. Majalah dinding berisi berbagai informasi
hasil karya peserta didik, pengetahuan dan atau kreasi warga sekolah, dan
informasi pendidikan pada umumnya, yang berguna untuk diketahui oleh warga
sekolah,. Pengumuman harus diperbaharui/di update secara periodik sesuai
perkembangan terbaru
2.
Lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah mencakup halaman,
lahan, dan ruangan, baik ruangan untuk
kegiatan pembelajaran maupun ruangan pendukung. Implementasi 3P pada sekolah
mencakup kebersihan, ketertiban, keamanan, kekeluargaan, keindahan, kenyamanan,
dan kerindangan (7K). Upaya sekolah dalam mengimplementasikan 7K dilakukan
melalui program pembiasaan kepada semua warga sekolah, termasuk dalam
optimalisasi fungsi dan penataan, serta perawatan peralatan ruang belajar, dan
ruang pendukung seperti perpustakaan, laboratorium, dan ruang guru.
3.
Penampilan Warga Sekolah
Warga
sekolah baik pendidik, tenaga kependidikan, maupun peserta didik memiliki
penampilan fisik yang rapi dan serasi sesuai dengan aturan yang berlaku.
Demikian juga dengan warga sekolah yang memperlihatkan sikap santun dan ramah
sehingga dapat menjadi teladan.
B.
Pelayanan
Sekolah adalah lembaga sosial yang
memiliki fungsi pelayanan terhadap warga sekolah, orang tua, dan masyarakat.
Pelayanan di sekolah merupakan upaya yang dilakukan warga sekolah melalui
optimalisasi dari tugas dan fungsinya untuk menciptakan lingkungan yang
kondusif, termasuk penyediaan sarana pendidikan, pelaksanaan berbagai program dan
kegiatan, serta kesiapan layanan informasi dan komunikasi.
1.
Pelayanan Warga Sekolah
Pelayanan
harus dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik
sesuai dengan peranannya masing-masing. Pelayanan dapat dilakukan dalam bentuk
pemberian informasi akurat tentang data dan program sekolah yang dapat
mempromosikan keunggulan dan prestasi sekolah. Untuk melaksanakan hal ini,
sekolah sebaiknya memiliki program pelatihan khusus pelayanan prima, termasuk
motivasi kerja dan enterpreneurship bagi seluruh warganya.
2.
Penyediaan Sarana Pendidikan
Untuk
mendukung keseluruhan program 3P yang telah dilaksanakan, sekolah melakukan
optimalisasi dalam penggunaan dan pemeliharaan sarana prasarana (ruangan,
perabot, alat dan bahan), serta pelaksanaan proses pendidikan dengan melibatkan
seluruh warga sekolah.
3.
Pelaksanaan Program
Sekolah
melaksanakan berbagai program untuk kepentingan pengembangan potensi peserta
didik, baik program kurikuler maupun program ekstrakurikuler, yang
pelaksanaannya melibatkan seluruh warga, sesuai dengan rencana kegiatan yang
ada di Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
4.
Layanan informasi dan komunikasi
Sekolah memberikan layanan informasi dan
komunikasi yang mudah diakses oleh warga sekolah dan masyarakat yang disajikan
melalui data dan informasi yang disempurnakan secara berkala sesuai dengan
perkembangan
C.
Prestasi.
Prestasi merupakan
hasil suatu kecakapan atau hasil konkret dari warga sekolah, baik prestasi
siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam bidang akdemik dan non akademik.
Prestasi dapat dibuktikan dengan piala, medali, piagam, sertifikat, dan
sebagainya. Seluruh bukti prestasi didokumentasikan, ditata dan dipelihara
dengan baik, sehingga dapat dijadikan alat promosi sekolah. Untuk
mempertahankan dan meningkatkan prestasi, sekolah perlu memiliki program dan
kegiatan yang menunjang, misalnya program pembinaan siswa unggulan.
Rabu, 23 September 2015
idul adha 2015
Idul adha 2015
Malam ini malam perayaan hari idul adha , atau sering disebut hari raya korban. hari idul adha 2015 jatuh pada hari kamis 24 september 2015. dan hari itu bertepatan hari dimana aku dan suamiku tepatnya 24 september 2002 beberapa tahun yang lalu melangsungkan akat nikah. semoga pernikahan kami menjadi sebuah rumah tangga baldatun toyyibatun wa robbun. sakinah mawadah warohmah. dan anak anak kami menjadi anak anak yang sholeh.
Malam ini malam perayaan hari idul adha , atau sering disebut hari raya korban. hari idul adha 2015 jatuh pada hari kamis 24 september 2015. dan hari itu bertepatan hari dimana aku dan suamiku tepatnya 24 september 2002 beberapa tahun yang lalu melangsungkan akat nikah. semoga pernikahan kami menjadi sebuah rumah tangga baldatun toyyibatun wa robbun. sakinah mawadah warohmah. dan anak anak kami menjadi anak anak yang sholeh.
Rabu, 10 Juni 2015
implementasi kur 2013 dengan pendekatan saintifik
“Impementasi
Kurikulum 13
Mata
Pembelajaran Ekonomi Dengan Pendekatan
Saintifik”
Oleh :
Ida Fitriana, S,Pd. MM
Kurikulum
merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi untuk mewujudkan proses
berkembangnya kualitas potensi peserta didik. Kurikulum 2013 dikembangkan
berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan
peserta didik menjadi:(1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab
tantangan zaman yang berubah; (2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap , kreatif,
mandiri ; dan (3) warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Pendekatan
santifik
. Penggunaan metode ilmiah
(scientific approach)sebagai bentuk pendekatan saintifik pada dasarnya
memandang fenomena khusus(unik ) dengan kajian spesifik dan detail untuk kemudian merumuskan pada
kesimpulan . Langkah langkah pembelajaran ekonomi dengan pendekatan ilmiah
meliputi kegiatan mengamati ,menanya , mengumpulkan informasi , mengasosiasi
dan mengomunikasikan hasil temuan.
1. Mengamati
Dalam
pembelajaran ekonomi kegiatan mengamati dapat
dilakukan misalnya melalui:membaca permasalahan ekonomi, menelaah permasalahan
ekonomi di lingkungan siswa , melihat gambar tentang kegiatan ekonomi , melihat
langsung aktivitas produksi, melakukan observasi pada perilaku konsumen dan
sebagainya. Dalam pembelajaran ekonomi tentang kegiatan ekonomi guru dapat
menugaskan siswa melalui tugas mandiri terstruktur untuk melakukan obervasi dan
melakukan pengamatan tentang aktivitas produksi dan kegiatan distribusi pada
home industri yang berada pada lingkungan siswa.
Dalam
kegiatan menanya seorang guru yang efektif
mampu mengispirasi peserta didik untuk meningkatkan dan mengembangkan ranah
sikap ketrampilan dan pengetahuannya.Guru di upayakan dapat menumbuhkan sikap
ingin tahu siswa yang diekspresikan dalam bentuk pertanyaan siswa. misalkan
1) mengapa didaerah ini masyarakat melakukan
kegiatan produksi gula merah?2) Bagaimana rangkaian kegiatan dalam membuat gula
merah?3) bagaimana cara memasarkan produk gula merah?4) apa saja hambatan
pelaksanaan produksi gula merah? 5)Bagaimana upaya memperbesar pemasaran gula
merah? 6) apa saja permasalahan salama pemasaran gula merah?7) bagaimana upaya
menanggulangi permasalahan produksi gula merah? 8) Bagaimana solusi untuk
menanggulangi permasalahan pemasaran gula merah?
Dalam
kerangka proses pembelajaran ekonomi tahap berikutnya adalah kegiatan mengasosiasi dimana kegiatan peserta didik
membandingkan antara data yang telah diolah dengan teori yang ada sehingga
ditarik kesimpulan atau ditemukan prinsip dan konsep penting. Dengan
menggunakan pendekatan ilmiah yang
dianut dalam kurikulum 2013 menggambarkan bahwa guru dan peserta didik
merupakan pelaku aktif . Titik tekannya tentu dalam banyak hal dan situasi
peserta didik harus lebih aktif dari pada guru. Dalam kurikulum 2013 penggunaan
penalaran adalah sesuatu yang sebaiknya dilakukan .Penalaran adalah proses
berfikir yang logis dan sistematis atas fakta fakta empiris yang dapat
diobservasi untuk memperoleh kesimpulan berupa pengetahuan. Penalaran yang
dimaksud adalah penalaran yang ilmiah. Dalam modul pelatihan implementasi
kurikulum 2013 menyatakan ada 2 cara menalar yaitu penalaran induktif dan penalaran
deduktif.
Sebagai
contoh penalaran deduktif dalam pembelajaran ekonomi adalah pada saat jumlah produk melimpah
maka harga produk tersebut sangat murah. hukum atau teori tersebut dapat
diterapkan di berbagai kegiatan produksi, misalnya pada musim panen tebu maka
produksi gula merah melimpah menyebabkan harga gula merah cenderung murah sebaliknya pada saat sedang langka tanaman
tebu sebagai bahan baku pembuatan gula merah produk gula merah menjadi naik
atau mahal.
Sedangkan
contoh penalaran induktif dalam pembelajaran ekonomi adalah pada musim
penghujan banyak petani panen padi. Pada bulan tertentu sedang terjadi panen
buah mangga, durian dan rambutan. pada saat panen padi, panen buah mangga ,durian
dan rambutan , setelah didata ternyata
harga masing masing produk tersebut cenderung murah. dari data atau pernyataan
khusus tersebut dapat disimpulkan secara umum bahwa pada saat produk melimpah maka harga produk tersebut
rendah.
Tahap
terakhir dari pelaksanaan proses pembelajaran adalah mengkomunikasikan hasil
pembelajaran . Kegiatan mengkomunikasikan adalah kegiatan peserta didik dalam
mendiskripsikan dan menyampaikan hasil temuannya dari kegiatan mengamati,
menanya, uji coba dan mengasosiasi. kegiatan mengkomunikasikan ditujukan kepada
orang lain baik lesan maupun tulisan dan dibantu dengan perangkat tehnologi
baik konvensional maupun tehnologi infoemasi dan komunikasi.
Kurikulum
2013 atau yang sering disebut K-13 dalam
pengaplikasiannya lebih menekankan sikap, ketrampilan dan pengetahuan. Pendekatan
saintifik akan sangat pas jika diterapkan pada proes pembelajaran pada krikulum
2013. Melalui kegiatan 5 M ( mengamati, menanya, mengumpulkan data ,
mengasosiasi, mengkomunikasi )peserta didik dirangsang untuk mengekplotitasi
kemampuan dirinya agar bisa bersaing di masyarakat kedepannya.
Langganan:
Postingan (Atom)